Rabu, 29 Agustus 2012

'Indo Rockers", Komunitas Shuffle Dance terbesar di Indonesia

Shuffle dance tengah berkembang pesat di kalangan anak-anak dan remaja Indonesia. Tarian ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1980 di Melbourne, Australia oleh kelompok 'Melbourne Shuffle Dance' dan mulai berkembang ke seluruh dunia pada tahun 2005, dengan hadirnya youtube. Berbagai grup Shuffle dance kian bermunculan seiring populernya tarian ini, di Indonesia ada grup Shuffle dance yang telah cukup memiliki nama besar yaitu 'Indo Rockers'.
Komunitas ini terbentuk pada akhir tahun 2009 dan resmi menggunakan nama "Indo Rockers" pada tanggal 12 Januari 2010. Pada awalnya komunitas ini dibentuk oleh 4 orang dari crew shuffle yang berbeda, diantaranya: Jason Ekatama (SKA), Kevin Adrianus (E.M.O), Dimas Aryoputro (SCR), dan Faizal Mas'ud (Raver Freakz).

Mengapa komunitas Shuffle dance di Indonesia menamai diri 'Indo Rockers', bukan 'Indo Shuffle', atau 'Indo Shufflers'?. Pada dasarnya, Rocker = Shuffler = Raver. Mereka menambahkan 'Indo' karena memang tujuan didirikannya komunitas ini untuk mengumpulkan shuffler Indonesia dari berbagai daerah. Dikarenakan hanya sedikit sekali orang yang mengenal tarian Melbourne Shuffle pada tahun 2009, keempat orang ini sepakat untuk mengumpulkan shuffler dari berbagai daerah.

Visi 'Indo Rockers' adalah ingin menyatukan seluruh shuffler Indonesia, baik yang ada di dalam maupun luar negri, baik yang sudah mempunyai crew ataupun tidak. Sedangkan misi 'Indo Rockers' adalah ingin menyediakan sarana untuk para shuffler bertemu satu sama lain melalui meet up secara rutin dan acara berkaitan.

Komunitas 'Indo Rockers' saat ini berjumlah lebih dari 1000 shufflers. Untuk shufflers yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya biasa berkumpul di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Tapi kita juga biasa mengadakan meet up atau gathering setiap enam bulan sekali, dalam acara ini dihadiri oleh shufflers dari berbagai daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar