Rabu, 26 September 2012

SEJARAH SHUFFLE DANCE

SEJARAH SUFFLE DANCE - SEJARAH SHUFFLE DANCE

Tari modern di Indonesia ini dapat dikategorikan menjadi beberapa macam yaitu hip-hop dance, concert dance, break dance, R&B dance, freestyle dance, dan yang terakhir baalroom dance.

Modern dance, atau dalam Bahasa Indonesia berarti tari modern, adalah suatu bentuk tarian yang terbentuk dan berkembang sejak dari awal abad 20 an Di beberapa tempat yang belum begitu mengenal tari modern ini seperti di Indonesia, ballroom dance serta concert dance juga masih dianggap sebagai bagian dari tari modern ini.

Namun apabila dilihat dari latar belakang sejarahnya, tari modern ini sebenarnya dipelopori oleh para penari-penari yang berasal dari Amerika Serikat, serta penari-penari di beberapa negara di Eropa Barat yang memberontak terhadap tarian ballet dance serta classical dance yang sedang booming pada waktu itu.

Dari beberapa penari yang paling terkenal dengan aksinya saat itu adalah LoienFuller, Isadora Duncan and Ruth St. Denis. Aksi mereka dilandasi dengan beberapa faktor kelemahan dari ballet dan classical dance sendiri, yaitu diperlukannya perlengkapan khusus selain musik, seperti kostum, sepatu tari, dan tata rias yang tebal. Beberapa dari perlengkapan tersebut tidak mampu dimiliki oleh orang-orang biasa dengan latar ekonomi yang rendah, yang juga punya ketertarikan besar untuk menari. Oleh sebab itu ketiga penari tersebut kemudian menciptakan suatu free dance yang kemudian dikenal dengan cikal bakal dari tari.

Itulah beberapa penjelasan tentang sejarah singkat shuffle Dance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar